Selasa, 15 Oktober 2013

Tugas softskill - RUANG LINGKUP BISNIS



RUANG LINGKUP BISNIS







A. PENGERTIAN BISNIS



Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, dengan tujuan utama untuk mendapatkan keuntungan. Bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu business dengan kata dasra ‘busy’ yang berarti sibuk. Dapat diartikan ‘sibuk’ yang dimaksud disini adalah mengerjakan aktivitas yang mendatangkan keuntungan yang banyak.



B.JENIS-JENIS BISNIS



1. Monopsoni

Monopsoni adalah keadaan dimana suatu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atas barang dan jasa dalam suatu pasar komoditas. Kondisi Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan Industri hewan potong. Contoh : hanya ada satu perusahaan yang menangani kereta api yaitu, PT.KAI

2. Monopoli

Berasal dari bahasa Yunani yaitu monos berrti satu, polein berarti menjual. Jadi Monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya ada satu penjual yang menguasai pasar. Penjual sebagai penentu harga (price maker). Walaupun demikian penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian dan mencari subtitusi produk, bahkan sampai menembus pasar gelap.

3. Oligopoli

Oligopoli adalah pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Pada umunya jumlah perusahaan lebih dari 2 tapi kurang dari sepuluh. Praktek oligopoly umunya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan melakukan oligopoly sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal dibawah tingkat maksimum. Struktur Oligopoli umumnya terbentuk pada industri-industri yang memiliki  capital intensive  yang tinggi seperti, industri semen, industri mobil, dan industri kertas.

4. Oligopsoni

Oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan jasa dalam suatu pasar komoditas.



C. TUJUAN KEBIJAKSANAAN BISNIS



Kebijakan adalah suatu ketetapan yang memuat prinsip-prinsip untuk mengarahkan cara-cara bertindak yang dibuat secara terencana.

Tujuan Bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis yang mereka lakukan  Secara umum tujuan dari bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan. Banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya, antar lain :

Market Standing, yaitu penguasaan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam waktu panjang.

Innovation, yaitu inovasi dalam produk yakni barang maupun jasa serta inovasi keahlian.

Physical and Financial Resources, perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan sehingga menjadi semakkin besar dan semakin menguntungkan.

Manager Performace and Development, manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi

Worker Performance and Attitude, umtuk kepentingan jangka panjang. Maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.

Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab social seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja.



D. HAKIKAT BISNIS



1. Bahwa dalam bisnis itu ada pertukaran produk dan uang atau dengan kata lain didalam bisnis terjadi aktivitas jual-beli

2. Bahwa bisnis sesungguhnya adalah membantu memberikan nilai tambah dan nilai manfaat yang kita miliki untuk menolong orang lain dalam memecahkan persoalan yang dihadipanya.




NAMA : CLAUDIA ANASTASYA JEHOSUA
NPM : 21213949
KELAS : 1EB23
UNIVERSITAS GUNADARMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar