RUANG LINGKUP BISNIS
A. PENGERTIAN BISNIS
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa
kepada konsumen atau bisnis lainnya, dengan tujuan utama untuk mendapatkan
keuntungan. Bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu business dengan kata dasra
‘busy’ yang berarti sibuk. Dapat diartikan ‘sibuk’ yang dimaksud disini adalah
mengerjakan aktivitas yang mendatangkan keuntungan yang banyak.
B.JENIS-JENIS BISNIS
1. Monopsoni
Monopsoni adalah keadaan dimana suatu pelaku usaha menguasai
penerimaan pasokan atas barang dan jasa dalam suatu pasar komoditas. Kondisi
Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan Industri hewan potong.
Contoh : hanya ada satu perusahaan yang menangani kereta api yaitu, PT.KAI
2. Monopoli
Berasal dari bahasa Yunani yaitu monos berrti satu, polein berarti
menjual. Jadi Monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya ada satu penjual
yang menguasai pasar. Penjual sebagai penentu harga (price maker). Walaupun
demikian penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga.
Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian dan
mencari subtitusi produk, bahkan sampai menembus pasar gelap.
3. Oligopoli
Oligopoli adalah pasar dimana penawaran suatu jenis barang
dikuasai oleh beberapa perusahaan. Pada umunya jumlah perusahaan lebih dari 2
tapi kurang dari sepuluh. Praktek oligopoly umunya dilakukan sebagai salah satu
upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan melakukan oligopoly sebagai salah
satu usaha untuk menikmati laba normal dibawah tingkat maksimum. Struktur
Oligopoli umumnya terbentuk pada industri-industri yang memiliki capital intensive yang tinggi seperti, industri semen, industri
mobil, dan industri kertas.
4. Oligopsoni
Oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha
menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan jasa
dalam suatu pasar komoditas.
C. TUJUAN KEBIJAKSANAAN BISNIS
Kebijakan adalah suatu ketetapan yang memuat prinsip-prinsip
untuk mengarahkan cara-cara bertindak yang dibuat secara terencana.
Tujuan Bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh
para pelaku bisnis dari bisnis yang mereka lakukan Secara umum tujuan dari bisnis adalah menyediakan
produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh
keuntungan. Banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya,
antar lain :
Market Standing, yaitu penguasaan pasar yang akan menjadi
jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam
waktu panjang.
Innovation, yaitu inovasi dalam produk yakni barang maupun
jasa serta inovasi keahlian.
Physical and Financial Resources, perusahaan memiliki tujuan
penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan
perusahaan sehingga menjadi semakkin besar dan semakin menguntungkan.
Manager Performace and Development, manager merupakan orang
yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi
Worker Performance and Attitude, umtuk kepentingan jangka
panjang. Maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu
diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab
social seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi
dan menciptakan lapangan kerja.
D. HAKIKAT BISNIS
1. Bahwa dalam bisnis itu ada pertukaran produk dan uang
atau dengan kata lain didalam bisnis terjadi aktivitas jual-beli
2. Bahwa bisnis sesungguhnya adalah membantu memberikan
nilai tambah dan nilai manfaat yang kita miliki untuk menolong orang lain dalam
memecahkan persoalan yang dihadipanya.
NAMA : CLAUDIA ANASTASYA JEHOSUA
NPM : 21213949
KELAS : 1EB23
UNIVERSITAS GUNADARMA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar